image1 image2 image3 image4

MENATA HATI|MENYAMBUT GERHANA PERADABAN|MENJENGUK MALAM DI SEPI REMBULAN|MENUNGGU PAGI|SANG PIJAR DARI UFUK TIMUR

Saturday, September 12, 2015

El-Nino 2015. Apa yang akan terjadi?

Beberapa bulan lalu, seseorang bercerita tentang adanya gelombang panas yang akan menyerang Indonesia. Saya tidak menganggapnya serius mungkin hanya perkiraan cuaca, sampai akhir-akhir ini mulai merasakan perubahan suhu yang lumayan signifikan, dikampung saya ini. Beberapa sawah mulai kering, daerah-daerah di utara Bengawan Solo juga mulai kekeringan saya mulai merasakan ada kebenaran tentang fenomena tersebut. Tapi akhirnya memang itu bukan gelombang panas yang pernah terjadi seperti di India dan Pakistan, melainkan anomali cuaca.

Lalu wakyu maiyah-an di Klaten, Emha Ainun Najib sempat mewanti-wanti Oktober November nanti akan ada elnino melanda negeri kita.

Mulailah sebulan ini saya browsing-browsing tentang el-nino.

elnino dari BMKG.

El Nino adalah suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut (sea surface temperature-SST) di samudra Pasifik sekitar equator (equatorial pacific) khususnya di bagian tengah dan timur (sekitar pantai Peru).Karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang saling terhubung, maka penyimpangan kondisi laut ini menyebabkan terjadinya penyimpangan pada kondisi atmosfer yang pada akhirnya berakibat pada terjadinya penyimpangan iklim.Dalam kondisi iklim normal, suhu permukaan laut di sekitar Indonesia (pasifik equator bagian barat) umumnya hangat dan karenanya proses penguapan mudah terjadi dan awan-awan hujan mudah terbentuk.

CNN 
14 Agustus 2015 , CNN merilis foto cuaca dunia, dan hasilnya cukup mencengangkan bagi Indonesia karena Indonesia akan terkena dampak paling buruk el-nino tahun ini.
 


The weather phenomenon largely became a part of the public vernacular during the 1997 El Niño. It caused devastating flooding in the western U.S. and drought in Indonesia. It was blamed for deadly virus outbreaks in Africa and rising coffee prices around the world.
http://edition.cnn.com/2015/08/13/weather/el-nino-2015/
 Diperkirakan akan lebih parah daripada tahun 1997. yang mana tahun itu Amerika dilanda banjir parah, dan Indonesia kekeringan parah, juga munculnya virus mematikan di Africa, juga naiknya harga kopi didunia.

berangkat dari fakta tahun 1997 itulah saya mulai ingin menggali lagi apa yang terjadi di masa lampau, ngelmu titen kalo orang jawa bilang, mempelajari pengalaman untuk mempersiapkan masa depan, kemungkinan-kemungkinan apa yang akan terjadi.

PERUBAHAN SELALU DIIKUTI PERUBAHAN
Saya percaya bahwa setiap perubahan akan selalu diikuti perubahan lainnya, karena memang polanya begitu, kita yang lapar akan mencari makanan, badan yang berolahraga mengeluarkan keringat, polisi yang menilang untuk meraih keuntungan selalu ada pihak yang dirugikan dst...
Dari pola ini berarti bukan sebuah kebetulan setiap peristiwa terjadi, setiap detik..
pertanyaannya Apakah benar Elnino membawa dampak ?? Saya pun tidak tau, 

Dilansir dari situs resmi BMKG (yang mengkopi data dari NOAA , badan prakiraan cuaca internasional) mencatat bahwa dunia telah mengalami elnino sejak tahun 1950.
Sejak tahun 1950, telah terjadi setidaknya 22 kali fenomena el-nino, 6 kejadian di antaranya berlangsung dengan intensitas kuat yaitu 1957/1958, 1965/1966, 1972/1973, 1982/1983, 1987/1988 dan 1997/1998. Intensitas el-nino secara numerik ditentukan berdasarkan besarnya penyimpangan suhu permukaan laut di samudra pasifik equator bagian tengah. Jika menghangat lebih dari 1.5 oC, maka el-nino dikategorikan kuat.

Saya bukan mau klenik tapi hanya membeberkan fakta yang telah terjadi, sebuah krisis akan selalu menghasilkan konflik, saya cukup lama berkecimpung didunia kebencanaan, setiap bencana yang hadir akan selalu berdampak langsung pada manusia baik fisik, maupun psikis manusia tersebut, maupun secara luas kerusakan-kerusakan material, seperti prasarana, kondisi alam, infrastruktur, dan tentunya akan menyulut pula pada perubahan perekonomian suatu daerah, hilangnya mata pencaharian mungkin bisa berujung pada inflasi.

berikut saya akan memaparkan kejadian-kejadian yang terjadi ditahun2 ketika elnino dianggap kuat. Tapi sekali lagi ini hanya sebuah pemaparan, bukan untuk mengkait2kan jika memang ada korelasinya baiklah untuk dipelajari bersama karena dari awal saya sudah menjelaskan bahwa tidak ada yang terjadi secara kebetulan, kalaupun faktor kemungkinannya masih tipis ya mari dicari pemecahannya bersama..


Seputaran 1950
  1. Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948, dipimpin oleh Muso. 
  2. Pemberontakan DI/TII oleh Kartosuwiryo, dan Kahar Muzakar.
  3. Mulai Diberlakukannya UUDS pengganti UUD
  4. Berlakunya sistem parlementer yang berakibat tidak stabilnya negara.
  5. Pemberontakan Republik Maluku Selatan. 
  6. Adanya demo besar-besaran menuntut terbentuknya negara kesatuan
 El-nino kuat terjadi tahun 1957-1958 ini kejadian disekitar tahun2 itu
  1.  PKI dan PNI memenangkan suara terbanyak di Pemilu 1957
  2.  Pemberontakan PERMESTA Makasar 1957
  3. Pemberontakan PRRI di Padang 1958. dan berujung pada ikut terlibatnya CIA dalam kontrol pemerintahan di Indonesia.
  4. di tutup dengan Diberlakukannya kembali UUD 1945 lewat dekrit Presiden 5 Juli 1959.
 El-nino kuat terjadi tahun 1965-1966,
  1. Adanya isu kuat penggulingan Sukarno lewat, isu Dewan Jenderal.
  2. Mulai besarnya paham komunisme, yang kemudian pecahnya tragedi G 30 S, pembunuhan Tujuh Jendral .
  3. PKI dituduh menjadi dalang atas pembunuhan tersebut.
  4. Adanya konsentrasi Mahasiswa menuntut mundurnya Sukarno dari jabatannya sebagai Presiden seumur hidup, yang sekarang mulai diketahui didalangi oleh oknum AD waktu itu.
  5. Demonstrasi massa menuntut pembubaran PKI beserta lembaga kroninya.
  6. Pembantaian dan Pembunuhan besar-besaran di Jakarta, Jawa Tengah dan Bali.
  7. Turunnya SUPERSEMAR dan mengangkat Suharto menjadi Presiden. dan dimulainya Orde Baru.
 El-nino kuat terjadi tahun 1982-1983
  1.  Adanya kerusuhan etnik Tionghoa dengan pribumi di Solo.
  2. Munculnya "Petrus" penembak misterius untuk menembaki residivis yang dianggap mengganggu pemerintah waktu itu. yang belakangan Suharto mengakui dan mengganggap itu sebagai shock terapi buat para penjahat, 
  3. Kerusuhan kampanye pemilu DPR dan DPD di Lapangan Banteng tahun 1982. Melibatkan massa dari Partai Golkar dan PPP.
 El-nino kuat terjadi tahun 1987-1988
  1.  Kemarau Panjang melanda, saat inilah pembangunan waduk kedungombo dimulai.  pemerintah berhutang pada World Bank sebesar 156juta dollar.
  2. Pembebasan lahan secara paksa, penggantian ganti rugi yang tidak masuk akal.
  3. Bentrok antara rakyat dan tentara sering terjadi.
  4. Adanya pergerakan kemanusiaan dari tokoh2 penting negeri seperti Romo Mangun, Kh. Hamam Jafar, Gusdur, Caknun dll
 El-nino kuat terjadi tahun 1997-1998  
  1. Krisis Ekonomi di Asia.
  2. Kemarau Panjang yang berdampak pada petani dan nelayan
  3. 271 orang MD. bencana kelaparan terjadi di Irian.
  4. Kebakaran Hutan yang hebat terjadi dimana-mana., 
  5. Di jawa tengah krisis air, yang berdampak pada anjloknya harga ternak dipasar.
  6. Gagal panen yang berujung naiknya harga kebutuhan pokok, yang disinyalir ini pula yang mendukur terjadinya protes fisik dari rakyat pada pemerintah.
  7.  Protes mahasiswa mengenai naiknya harga kebutuhan pokok,
  8. Pembunuhan aktivis.
  9. Penjarahan dan amuk massa terjadi di Jakarta dan Solo.
  10. Ditutup dengan mundurnya Suharto dari jabatan Presiden 
Berikut hasil browsing saya, entah penafsirannya akan bagaimana yang jelas disetiap krisis akan terjadi pergolakan. Entah karena faktor kebetulan atau memang ada benang merahnya, atau memang karena kontrol dari asing, atau bagaimana entah.

Dollar saat ini sedang tinggi-tingginya, kita lagi surplus garam pemerintah malah mau impor garam, juga banyak peristiwa yang tidak karu-karuan di negeri ini.
semoga besok baik-baik saja yang jelas Elnino akan melanda negeri ini,
Dampaknya bagaimana mari kita lihat...

Tidak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan, faktornya software kita mampu tidak menangkap pola-pola tersebut.. mari berfikir lebih dalam, dan berdoa tentunya.

Avignam Jagad Samagram, semoga selamatlah alam semesta...


Kleco Wetan, 11 September 2015
Indra Agusta.


No comments:

Post a Comment